Indonesia dan Jepang jadi kiblat musik Asia…

Sudah tidak diragukan lagi kualitas musik indonesia ( bukan melayu ) sudah menjamah dunia internasional.. miris memang beberapa band yang punya talenta dan kualitas internasional tidak berkembaang di negaranya sendiri. ini dikutip dari salah satu majalah musik nasional tahun 2009.

Beberapa band seperti Mocca, Shagydog, RNRM, Superman is Dead. dll memilih jalur internasional untuk mengembangkan musik mereka. ” jika musik kami tidak laku di negara sendiri ya kita promo di luar aja ” beberapa musisi tenar Amerika seperti vokalis grup band Good Charlotte, Joel Madden melemparkan stment bahwa indonesia mempunyai kans yang besar menjadi negara yang mempunyai kualitas musik yang akan melejit seperti Amerika.

Ini sudah menjadi kenyataan, buktinya musik indonesia merajai chart list di malaysia dan singapura. salah satu MD suryaradio di selangor malaysia juga mengomentari dengan masuknya musik indonesia ke radio mereka, berimbas positif trehadap respon masyarakat dan tentu saja mengangkat keuntungan radio tsb. ( sebelum malaysia memboykot musik indonesia dengan alasan agar musik malaisia berkembang).

Contoh lain di torehkan musisi Shandy Sundoro yang telah memberikan prestasi yang sangan membanggakan Menjadi German Idol diteruskan Ke EURO idol. dan sangat miris ketika ia meluncurkan album baru di indonesia dan tidak laku.

Begituhalnya dengan Jepang. negara satu ini memang mempunyai kualitas musik yang unik dengan mengedepan kan nasionalisme di depan genre nya seperti J-rock J-pop dan lain-lain para musisi jepang mempunyai slyle musik yang unik dan mempunyai warna sendiri dalam musik, sehingga jepang mempunyai tempat yang spesial di asia.

Contoh saja, x-japan. L’Arc~en~Ciel, sudah dikenal di amerika yang notabennya sebagai negara pusat musik dunia. Musik jepang bisa di terima di dunia internsional karna mereka bisa memunculkan diri dengan warna yang sangat mencolok dalam musik. itu menyebabkan musisi jepang banyak diminati masyarakat internasional.

Salah satu pertanyaan wartawan di ajang asian beat award kepada vokalis L’Arc~en~Ciel Hyde adalah ” Jepang sudah go internasional kira-kira adakah negara di asia yang bisa menyaingi Jepang ? ” Indonesia ” jawab Hyde, lemparan statmen itu membuktikan bahwa musik indonesia sudah diakui di asia.

“Semoga hal-hal lain yang positif juga bisa seperti ini ;)”

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)